PT Siap Technovation menyelenggarakan Diskusi Solusi Meningkatkan Mutu Pendidikan Dengan Metode Otak Unggul Untuk Menciptakan Siswa Berprestasi. Diskusi ini menghadirkan Ir. Drs. Djohan Yoga, MSc. MOT, BLI.Ed, berlangsung 25 Oktober 2010, pukul 12.00-16.00 WIB di Hotel Novotel Surabaya.
Diskusi tersebut membahas tentang penggunaan Metode Mind Map dan Multiple Intelligences dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Seperti diketahui, kebanyakan siswa dibebani oleh materi pelajaran yang sangat banyak dan bermacam-macam buku. Antara siswa dan guru dikejar target untuk menyelesaikan materi pelajaran pada kurun satu semester sehingga banyak dari mereka merasa tertekan dan stress.
Menurut Djohan Yoga, masalah tersebut dapat diatas apabila metoda mind map dan multiple intelligences digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Menrut Djohan Yoga, Mind Map adalah suatu bentuk pencatatan dengan struktur radian yang sangat menarik karena dipenuhi oleh aneka warna, kata, angka, gambar, kode dan symbol sebagai hasil yang sangat kreatif dari pemakaian seluruh keterampilan yang ada di kedua belah otak secara simultan dan sinergis.
Mind Map menghendaki seseorang untuk berpikir secara memancar – radiant dari satu titik ke segala arah yang memungkinkan proses berpikir dapat mengalir secara bebas-free-flow. Hal ini akan memunculkan banyak ide-ide dan mudah mengingat.
Sementara itu, dengan multiple intelligences, siswa dipahami sebagai seseorang yang memiliki banyak kecerdasan. Dengan begitu, guru dapat lebih memahami siswa, dan dengan pendekatan itu, maka guru akan menyesuikan pengajarannya sesuai dengan kecenderungan gaya belajar.
Dengan mind map dan multiple intelligences, maka siswa akan didorong untuk memiliki otak unggul. Dengan otak unggul, maka pelajaran apapun akan dapat diserap dengan lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar